Umum

Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan Sukses Gelar Trilateral Desk 2020 Selama 2 Hari

Setelah sukses menggelar Musrenbang 2020, Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan lanjut melaksanakan Forum Trilateral Desk dalam rangka Penyusunan RKPD Kab/Kota Tahun 2021, yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 29-30 April 2020, melalui ruang kerja masing-masing dengan menggunakan video conference via aplikasi Zoom.

Seperti diketahui, musrenbang Provinsi diawali dengan pelaksanan musrenbang pada tingkat desa, dilanjutkan pada tingkat kecamatan yang melibatkan SKPD-SKPD terkait serta para kepala desa/lurah, Bappeda dan unsur lainnya dan kemudian pelaksanaan Musrenbang Kabupaten/Kota.

Pada tahap ini setiap Pemerintah Provinsi akan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Provinsi, yang akan menampung aspirasi melalui tiap SKPD Kabupaten/Kota yang diusulkan dan diakomodir melalui program dan kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing SKPD yang bersangkutan. Usulan ini disusun dan disampaikan secara berjenjang/bertingkat mulai dari level RT/RW, desa/kelurahan dan kecamatan. Data usulan dari semua desa/kelurahan yang telah terkumpul akan dimusyawarahkan, lalu dituangkan dalam satu dokumen berupa daftar usulan kegiatan Kabupaten/Kota yang akan diusulkan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi.

Untuk memperlancar terjalinnya komunikasi perencanaan antar SKPD teknis dalam rangka pelaksanaan Musrenbang Provinsi, Bappeda kemudian menggelar Trilateral Desk yang merupakan salah satu tahapan kegiatan dari pra-Musrenbang dimana SKPD bersama Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan mensinkronkan kesepakatan bersama mengenai segala tentang usulan dan prioritas dari tingkat Kabupaten/Kota dan akan dipadukan dengan rencana kerja setiap SKPD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *