ILH

Dinamika Spasial Sebagai Paradigma Perencanaan Pembangunan Daerah

Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan selaku unit pengelola simpul jaringan daerah dan wali data spasial pada jaringan informasi Geospasial Nasional memiliki tugas mengkoordinasikan dan membina Kabupaten Kota dalam pengelolaan Simpul Jaringan. Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan minat dalam pengembangan simpul jaringan daerah perlu adanya seremonial dan event untuk meningkatkan semangat simpul jaringan daerah.

Berkenaan dengan penguatan jaringan Geospasial Daerah di Provinsi Kalimantan Selatan dalam menyongsong perencanaan pembangunan yang berbasis Dinamika Spasial, Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan rapat koordinasi Tim Pokja Simpul Jaringan dan Walidata Spasial. Rapat dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 8 & 9 Oktober 2019 dan dihadiri oleh seluruh SKPD terkait, yang berlangsung di ruang Syahrir YP lantai 2 kantor Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan.

            Drs. H. Hadi Purwanto, M.AP selaku Sekretaris Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan memberikan sabutan sekaligus membuka pelaksanaan rapat ini. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Melalui Focus Group Discussion yang mengangkat tema Dinamika Spasial sebagai paradigma Perencanaan Pembangunan Daerah ini kami berharap dapat meningkatkan semangat kerja kita dalam melaksanakan urusan pemerintahan.”

            Dalam upaya mewujudkan tatakelola pemerintahan yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik, maka sangat perlu dukungan dan kerja bersama untuk terwujudnya kebijakan One Map Policy dan satu data Nasional sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019.

            Pengelolaan data Geospasial Kalimantan Selatan diharapkan mampu menjadi referensi dalam perumusan kebijakan dan sebagaimana acuan dalam penyusunan dokumen perencanaan serta Mitigasi bencana. Untuk itu, diharapkan partispasi seluruh instansi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota untuk bersama-sama melaksanakan tugas dan pekerjaan ini dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *