Umum

Hari Keluarga Nasional XXVI tahun 2019 “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”

Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah untuk memperingati Hari Keluarga Nasional atau lebih dikenal HARGANAS tahun 2019 ke XXVI yang akan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 4 – 6 juli 2019 dan berpusat di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru. Pada tahun ini tema yang di angkat untuk Hari Keluarga Nasional adalah “Hari Keluarga, Hari Kita Semua”, dengan slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana” dan akan dihadiri oleh ribuan peserta dari seluruh Indonesia.

Pada peringatan ini Gerakan Pramuka kalsel telah bekerja sama dengan kantor Pencatatan Sipil sejumlah kabupaten/kota yang akan memberikan layanan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) gratis bagi ribuan anggota Pramuka kategori usia anak di Kalsel.

Ir. H. Nurul Fajar Desira, CES selaku Kepala Bappeda Prov Kalsel mengatakan “Dengan memperingati Hari Keluarga Nasional, maka kepada kita diingatkan akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi. Keluarga sebagai soko guru bangsa, keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak, terutama dalam menghadapi era globalisasi dan arus informasi yg bebas melalui internet”.

Adapun tujuan dari peringatan Harganas ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dalam kerangka ketahanan keluarga. Meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan delapan fungsi keluarga yakni agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial dan budaya serta lingkungan serta untuk mewujudkan penerapan pendekatan ketahanan keluarga yakni keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *