Umum

HKSN 2019 Mengusung Tema “Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas”

Tanggal 20 Desember diperingati sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). HKSN bemula dari usaha mempertahankan kemerdekaan pada 1945 hingga 1948. Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh di dalam masyarakat itu kemudian dilestarikan dan diperkokoh dengan dibuatnya Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik Sosiawan. Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional pertama kali diperingati pada tanggal 20 Desember 1958 dicetuskan oleh Menteri Sosial, H Moeljadi Djojomartono.

Dan Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah untuk memperingati puncak Hari Kesetiakawanan (HKSN) tahun 2019. Tema besar HKSN 2019 yaitu “Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas”.

Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin menghadiri langsung puncak hari peringatan ini. Dalam sambutannya beliau mengatakan “saya memberikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada menteri sosial dan Gubernur Kalimantan Selatan, yang telah menyelenggarakan acara ini, peringatan hari kesetiakawanan sosial nasional yang diselenggarakan setiap tahun adalah untuk membangun peringatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial untuk memperkuat sebagai modal sosial untuk membangun bangsa menuju masyarakat yang lebih sejahtera.”

Pada akhir acara diberikan persembahan tari kolosal dengan 200 orang penari dari mahasiswa STKIP PGRI Banjarmasin, SMKN 1 Banjarmasin dan Sanggar tari Galuh Banjar.

Diharapkan dengan berlangsungnya peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia agar dapat memiliki jiwa sosial dan saling memperkuat nilai-nilai kesetikawananan untuk bersama-sama membangun Indonesia agar lebih baik lagi kedepannya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *