EKOSDA

Sektor Perdagangan Berpotensi Menopang Perekonomian Kalimantan Selatan

Sejak Tahun  2018, ada kecenderungan peningkatan kinerja sektor perdagangan pada perekonomian Kalimantan Selatan. Pada Tahun 2018 tersebut, persentase kontribusi sektor perdagangan terhadap total PDRB Kalimantan Selatan berada di atas angka 10 persen, yaitu 10,03 persen. Nilai tersebut lebih tinggi 0,4 persen dibanding kontribusi sektor tersier ini pada Tahun 2017 yang hanya 9,73 persen. Selanjutnya, kontribusi sektor perdagangan terhadap total PDRB Kalimantan Selatan ada di nilai 10,54 persen dan 10,46 persen di Tahun 2019 dan 2020.

Kontribusi sektor perdagangan tetap terjaga di atas 10 persen walaupun hantaman pandemi juga mempengaruhi kinerja perekonomian Kalimantan Selatan di Tahun 2020. Hal ini dapat menunjukkan bahwa sektor perdagangan mempunyai potensi untuk berkembang dan menopang perekonomian Kalimantan Selatan di masa depan. Terlebih lagi tingkat konsumsi masyarakat pada perekonomian tetap tinggi untuk mendukung sektor tersier ini. Untuk diketahui, perekonomian Kalimantan Selatan mengalami kontraksi sebesar -1,81 persen di tengah pandemi.Bagusnya kinerja sektor perdagangan diharapkan selaras dan mampu mendukung perwujudan Visi Kalimantan Selatan 2025 yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025. Adapun visi yang dicantumkan RPJPD adalah Kalimantan Selatan 2025 Maju dan Sejahtera Sebagai Wilayah Perdagangan dan Jasa Berbasis Agroindustriā€¯. (Naskah/Grafik: Faisal/ Foto: Canva)

Potensi Peningkatan Sektor Perdagangan dapat menopang perekonomian Kalimantan Selatan di Masa Depan (Sumber Data: Tabel Dinamis BPS Kalimantan Selatan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *