Umum

Kementerian PANRB Dorong Akselerasi Peningkatan Penerapan SPBE di Kalsel

BANJARMASIN – Dikutip dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) melalui Kedeputian Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana mendorong akselerasi peningkatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Pelaksanaan SPBE di Bumi Lambung Mangkurat ini diharapkan semakin ditingkatkan untuk mendukung kualitas pelayanan publik.

Peningkatan penerapan SPBE sebagai langkah strategis menjawab tuntutan zaman. Publik di era globalisasi membutuhkan pelayanan pemerintah yang cepat, fleksibel dan efisien. Dengan penerapan SPBE, diharapkan dapat mendorong perbaikan pelayanan publik.

Pemerintah mengupayakan capaian indeks SPBE nasional selalu bergerak naik. Itu artinya instansi pusat dan pemerintah daerah di seluruh wilayah Indonesia yang sudah menerapkan SPBE terus meningkatkan kualitas pelaksanaannya.

20190910 Piloting SPBE 12

“Untuk mencapai target tersebut, Kementerian PANRB perlu melakukan pendampingan atau piloting kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dalam rangka perbaikan penerapan SPBE,” ujar Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kementerian PANRB Ugi Cahyo Setiono, pada Kegiatan Piloting SPBE 2019 di Hotel TreePark, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (10/09).

Kegiatan piloting SPBE ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan SPBE, khususnya pada domain kebijakan SPBE, pelaksanaan tata kelola SPBE, dan penerapan layanan SPBE. Hal-hal yang dibahas dalam kegiatan piloting SPBE ini akan meliputi materi tentang semua indikator evaluasi, saran tindak lanjut dari hasil evaluasi, serta perbaikan tingkat kematangan penerapan SPBE masing-masing instansi khususnya pada kebijakan dan tata kelola SPBE.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan Yanuar Noor Rifa’i berharap kegiatan ini bisa meningkatkan nilai indeks SPBE di wilayahnya. “Pentingnya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai indeks SPBE seluruh pemerintah daerah di Provinsi Kalimantan Selatan sehingga berdampak pada peningkatan terhadap layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik itu sendiri,” ujarnya.

Piloting SPBE ini diikuti oleh 13 perwakilan Biro Organisasi Sekretariat Kabupaten/Kota dan Dinas Komunikasi dan Informasi yang berada di wilayah pemerintah kota, kabupaten, dan provinsi Kalimantan Selatan. Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Inixindo Andi Yuniantoro dan instruktur dari Universitas Gunadarma untuk memberikan materi. (nug/HUMAS MENPANRB)

Sumber : HUMAS MENPANRB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *