Umum

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan Hadiri Musrenbang Regional di Pontianak

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan menghadiri langsung acara Musrenbang Regional. Pelaksanaan ini dalam rangka pembahasan usulan pembangunan Regional Kalimantan tahun 2021 dalam Forum Kerjasama Revitalisasi Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK). Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat selaku koordinator FKR2RK telah memfasilitasi penyelenggaraan Musrenbang Regional Kalimantan Tahun 2020 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak yang dihadiri seluruh SKPD di Provinsi Kalimantan.

PDRB Wilayah Kalimantan pada Tw IV 2019 tumbuh melambat yaitu sebesar 3,73% (yoy), namun secara keseluruhan tahun 2019 tumbuh sebesar 4,99% (yoy) meningkat dari tahun sebelumnya (3,91%yoy). Peningkatan kinerja terutama didukung oleh kinerja yang tinggi pada tiga triwulan pertama seiring kinerja ekspor batu bara yang tumbuh relatif tinggi. Secara spasial, ditopang kenaikan pertumbuhan ekonomi Kaltim yg masih dominan dgnshare 50,5%. Pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi pada Kaltara (6,91%) diikuti dengan Kalteng (6,16%), Kalbar(5,00%), Kaltim(4,77%), dan Kalsel(4,08%).

Pembangunan PLTA terus berlanjut di Kalimantan, diikuti pembangunan smelter, pabrik alumina, dan pabrik semen. Pembangunan infrastruktur sebagai persiapan IKN terus berlanjut seperti konstruksi Jembatan Pulau Balang II sudah memasuki proses pengecoran lantai jembatan dan pemasangan cable stayed jembatan.

Perekonomian Kalimantan tahun 2020 diperkirakan tumbuh terbatas, terutama dipengaruhi oleh Ekspor batu bara yang sedikit tertahan seiring pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang melambat, termasuk dampak virus Corona pada awal tahun Konsumsi diperkirakan membaik sejalan dengan peningkatan produksi CPO dan penyelenggaraan Pilkada serentak di 4 provinsi dan 28 kota/kabupaten diKalimantan.

Investasi diperkirakan yang meningkat sejalan dengan pembangunan proyek infrastruktur persiapan IKN dan sentiment bisnis yang mulai membaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *