Ekonomi

Rapat Tim Penyusunan Masukan Rencana dan Evaluasi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Bappeda Prov Kalsel telah melaksakan rapat tim penyusunan masukan rencana dan evaluasi proyeksi pertumbuhan ekonomi kalsel dilaksanakan pada hari Rabu, 24 juli 2019 yang bertempat di ruang rapat bidang ekonomi Bappeda Prov Kalsel dan dipimpin Dr. Ir Ariadi Noor, M.Si selaku kepala bidang ekonomi serta di hadiri oleh beberapa SKPD yang terkait.

Kalsel termasuk diposisi tengah untuk pertumbuhan ekonomi serta untuk tingkat kemiskinan kalsel masih masih rendah sehingga daerah lain meapresiasi kalsel untuk tingkat kemiskinannya. Kepala Bappeda Prov Kalsel berharap pertumbuhan ekonomi Kalsel dapat tumbuh 6% sampai 7 %  dan target tersebut perlu dijadikan motivasi untuk bergerak membantu pertumbuhan kalsel.

Terdapat 9 proyeksi ekonomi yang perlu di perhatikan, yaitu :

  1. Memperhatikan masing-masing komoditas/industri.
  2. Memperhatikan ekspor komoditas.
  3. Pada tambang, tidak hanya memperhatikan ekspor atau HBA (Harga Batubara Acuan).
  4. Perlu adanya penetapan angka pertumbuhan ekonomi yang harus dicapai.
  5. OPD (Organisasi  Perangkat Daerah) yang mendapat anggaran dari pemda harus diberikan target –target yang harus dicapai.
  6. Pembuatan IO table (Input Output Tabel).
  7. Perlu melihat bagaimana industri A berpengaruh terhadap industri B.
  8. IPM yang semakin meningkat maka DAU nya semakin turun.
  9. Regresi 2 (2 variabel tidak boleh berkorelasi untuk dapat saling melihat pengaruhnya).

Bapak Drs. Wildon, M.M selaku perencana madya pada bidang sosial budaya dan pemerintahan mengatakan “wilayah tambang pada suatu daerah memiliki pengaruh pada pertumbuhan ekonomi daerah tersebut dan wilayah di kabupaten provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki daerah tambang rata-rata pertumbuhannya masih dibawah 5% serta untuk prov kalsel sperlu digalinya peran koperasi untuk mendukung pada pertumbuhan ekonomi karena pada saat ini koperasi sendiri sudah berada antara hidup dan mati”

                Semoga dengan adanya tim penyusunan masukan rencana dan evaluasi proyeksi pertumbuhan ekonomi ini dapat membantu untuk meningkatkan perekonomian di Provinsi Kalimantan Selatan serta dapat membantu SDM lokal agar dapat disiapkan dan memiliki pendidikan yang baik serta spesifik untuk dapat berperan pada industrial Kalsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *