Umum

Tingkatkan Kolaborasi Internal Guna Wujudkan Pelayanan Publik Lebih Baik

BOGOR – mengutip dari website resmi Kemeterian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi , Menjadi ujung tombak pelaksanaan pelayanan publik di Indonesia, menuntut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Menyadari hal tersebut, Kedeputian bidang Pelayanan Publik tidak hanya mengajak kerja sama dengan para stakeholder yang terlibat, juga memperkuat kolaborasi internal.

Dikatakan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, penguatan kolaborasi internal ini dilakukan untuk memotivasi dan memberikan semangat baru kepada pegawai untuk terus berperan aktif dalam perbaikan pelayanan publik Indonesia. “Kalau kita bersatu menjadi tim yang berkolaborasi dan bersinergi, amanah pelayanan ini akan dapat kita lakukan dengan baik,” ujarnya dalam acara Capacity Building SDM Kedeputian bidang Pelayanan Publik Menuju Era 4.0, di Bogor, Jumat (06/03).

20200306 Forum Konsultasi Publik Hari ke 2 5

Untuk menghadirkan kolaborasi tim yang baik, Konsultan ExcellencIA Puspita Zorawar menyampaikan harus dimulai dari pola pikir (mindset). Menurutnya, cara pandang seseorang terhadap permasalahan akan mempengaruhi apa yang akan dilakukannya bersama timnya.

Perubahan pola pikir tersebut akan mengarahkan kepada penemuan (invention) solusi atas masalah yang dihadapi. Penemuan tersebut tidak bisa direalisasikan jika hanya disimpan dalam diri sendiri. Untuk itu dibutuhkan kemampuan berkomunikasi (communication skills) untuk menyampaikannya kepada para anggota timnya.

Kemampuan berkomunikasi sering dianggap sebagai kemampuan berbicara (verbal). Padahal sesungguhnya, sebagian besar komunikasi yang dilakukan adalah melalui non-verbal. “Intonasi, gestur, dan ekspresi wajah akan lebih mempengaruhi penyampaian pesan kepada masyarakat,” ungkapnya.

20200306 Forum Konsultasi Publik Hari ke 2 3

Terakhir, inovasi dan solusi menjadi tujuan akhir dari kolaborasi yang dilakukan di antara pegawai, khususnya Kedeputian bidang Pelayanan Publik. “Kolaborasi bukan hanya kerja sama, tapi bagaimana membuat solusi yang diawali dari mindset positif yang dibangun diri sendiri,” pungkasnya.

Kegiatan capacity building ini juga diisi dengan diskusi kelompok untuk menentukan kolaborasi apa yang ingin dilakukan di tahun 2020. Diharapkan dengan kegiatan ini, para pegawai Kedeputian bidang Pelayanan Publik dapat terus mengembangkan potensi dan kompetensi dirinya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (nan/HUMAS MENPANRB)

Sumber : HUMAS MENPANRB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *