EKOSDAUmum

Antisipasi Banjir, Pemerintah Pusat Bangun Bendungan Riam Kiwa

Guna mengantisipasi banjir di Kalimantan Selatan (kalsel), Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR akan membangun bendungan Riam Kiwa di daerah Kabupaten Banjar.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Fikri Abdurrahman mengatakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR akan menggelontorkan dana yang cukup banyak untuk membangun bendungan yang menjadi impian masyarakat Kalsel.

“Pada tahun ini proses pembangunan bendungan Riam Kiwa masuk tahap kegiatan lapangan, desain dan pembebasan lahan sudah selesai,” kata Fikri, Banjarbaru, Selasa (23/3/2021).

Oleh karena itu, masyarakat di sekitar kawasan pembangunan bendungan Riam Kiwa tidak terlalu mempersoalkan terkait pembebasan lahan. Sepanjang masalah tanah tidak dipersoalkan masyarakat, tahun ini pembangunan Riam Kiwa akan direalisasikan.

“Kami minta tolong kepada Pemerintah Daerah baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota serta masyarakat untuk bekerjasama dalam menyukseskan pembangunan bendungan yang dimimpikan masyarakat Kalsel ini,” ujarnya.

Ia berharap dengan adany Riam Kiwa dan Riam Kanan mudah-mudahan bisa mereduksi banjir di sungai Martapura.

“Diharapkan dengan adanya dua bendungan ini akan mengatasi masalah banjir di sungai Martapura,” ungkapnya.

Untuk diketahui,rencana luas pembangunan bendungan Riam Kiwa seluas 770 hektare. Target selesai diperkirakan 4 tahun sehingga 2025 akan selesai pembangunan bendungan tersebut. MC Kalsel/tgh

sumber :
https://www.instagram.com/p/CMw7RSeAvaH/?utm_source=ig_web_copy_link
https://dinaspupr.kalselprov.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *