Umum

HUT Ke-70 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan 2019

Hari ini, 17 Mei 2019 tepat 70 tahun peringatan HUT Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan atau proklamasi kesetiaan Kalimantan Selatan terhadap RI, Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan ikut serta untuk memperingatinya dan pada tahun ini hari peringatan tersebut mengangkat tema “Lamun Handak Nyaman, Bergerak Dengan Nilai Juang Alri Divisi IV, Hayu Bahimat Bagawi Bangun Banua . NKRI Harga Mati”.

Ibu Rahmiyanti, JP, ST, MA selaku Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian & Evaluasi menjadi Pembina dalam apel yang diikuti oleh seluruh karyawan/karyawati Bappeda Prov kalsel.

Dalam apel peringatan tersebut telah disampaikan sejarah singkat serta proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Karena dengan adanya Proklamasi tersebut adalah Untuk menyatakan kepada masyarakat dan Pemerintah RI serta dunia umumnya, bahwa gerilya ALRI Divisi IV (A) Pertahanan Kalimantan yang berada di Kalimantan benar-benar ada dan mempunyai kekuatan serta kemampuan untuk menyusun suatu pemerintahan dalam lingkungan wilayah Republik Indonesia,walaupun secara defacto saat itu Kalimantan berada di bawah penjajahan Belanda.

Kita sebagai warga di Kalimantan Selatan, tentu tidak lupa bahwa proklamasi tersebut merupakan sebuah peristiwa penting yang terjadi di dalam sejarah banua serta mempunyai  pengaruh untuk sejarah nasional Indonesia, Peristiwa ini merupakan sebuah wujud nasionalisme urang banua yang di pimpin oleh sosok Brigjen H. Hassan Basry yang kemudian hari telah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional melalui surat keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 110/TK Tahun2001, tanggal 3 November 2001.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *