Umum

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Provinsi Kalimantan Selatan

Hari ini, Senin tanggal20 Mei 2019 adalah salah satu hari bersejarah dalam pergerakan pemuda tanah air yaitu hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS). Dan untuk memperingatinya telah dilaksanakan Apel Kesadaran Nasional dan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 yang berlangsung di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah (Drs. Abdul Haris, M.Si) selaku Pembina Apel dan dihadiri oleh Seluruh ASN SKPD dan seluruh Kepala SKPD.

Hari Kebangkitan Nasional pertama kali diperingati pada era pemerintahan presiden Soekarno di Yogyakarta pada tahun 1948. Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) bertujuan untuk memperingati berdirinya organisasi Budi Utomo. Latar belakang berdirinya Budi Utomo bertopang pada kesadaran para mahasiswa akan masa depan Indonesia yang bergantung di tangan mereka.

Dilansir dari Kompas.com Budi Utomo bertujuan untuk memajukan pengajaran, pertanian, peternakan, perdagangan, teknik dan industry ,ilmu pengetahuan dan seni budaya bangsa Indonesia.

Organisasi Budi Utomo menjadi penanda bahwa bangsa Indonesia pertama kali menyadari arti penting dari persatuan dan kesatuan yang kemudian menjadi isyarat strategis Presiden pertama Indonesia Sukarno untuk mengampanyekan nasionalisme Indonesia yang berujung pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Mengikuti sejarah sejak 1908, kita memahami bahwa tanpa gerakan Budi Utomo, Proklamasi Kemerdekaan tidak akan terjadi.

Sekretaris Daerah mengatakan “ sumpah palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin kesatuan Indonesia, wilayah nusantara disatukan oleh gadjahmada telah menjadi acuan untuk mengikat wilayah Indonesia seperti kesatuan Republik Indonesia saat ini”. Penumbuhan jiwa persatuan sejatinya telah digaungkan bahkan sejak wilayah Nusantara disatukan oleh Gadjah Mada yang tertulis dalam naskah SumpahPalapa Mengingat kondisi Indonesia saat ini pasca pesta demokrasi, persatuan perlu ditegakkan. Meskipun pilihan yang berbeda-beda dalam Pemilihan Umum, namun semua pilihan tentu untuk kebaikan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *