IK

Pembahasan Awal Ruang Lingkup Pelaksanaan Program Pertumbuhan Hijau Di Provinsi Kalimantan Selatan

Sejak tahun 2013 Pemerintah Indonesia bersama GGGI (Global Green Growth Institute) telah mengembangkan kerangka program pertumbuhan ekonomi hijau dan mengintegrasikannya ke dalam perencanaan pembangunan ekonomi di Indonesia. Salah satu Provinsi yang ikut serta mengembangkan program pertumbuhan ekonomi hijau tersebut adalah Provinsi Kalimantan Selatan.  Untuk itu Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan rapat untuk pembahasan awal ruang lingkup pelaksanaan program pertumbuhan hijau pada hari Selasa, 7 Januari 2019 yang bertempat di ruang rapat Syahrir. YP kantor Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan.

Rapat ini di pimpin langsung oleh Ir. H. Nurul Fajar Desira, CES selaku kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan serta dihadiri langsung oleh Direktur Sumber Daya Energi, Mineral, dan Pertambangan Kementerian PPN/Bappenas, Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Asisten Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan serta seluruh SKPD terkait.

Pembahasan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan pembangunan Nasional secara Holistik, Inklusif dan Berkelanjutan. Dalam laporannya Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa “dalam hal ini kita telah memiliki peraturan sebagai acuan untuk mengembangkan pembangunan berkelanjutan, yaitu peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan”.

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa tujuan pembangunan berkelanjutan adalah untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menajaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan dari satu genarasi ke generasi.

Dalam Hal ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan turut berupaya serta mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan tersebut sesuai dengan salah satu misi pembangunan untuk mencapai Kalsel Mapan, Kalimantan Selatan yang mandiri dan terdepan yaitu mengambangkan daya saing ekonomi yang berbasis sumberdaya lokal, dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Melalui rapat pembahasan ini, diharapkan agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dapat melihat secara menyeluruh, aspek-aspek penting yang perlu dilakukan. Bagaimana analisis biaya dan menfaatnya, apa saja yang menjadi peluang dan tantangan serta keberlannjutan program perumbuhan hijau ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *