ILH

Rapat Koordinasi Awal Monev RAD TPB / SDGs Prov Kalsel

H. Fahri Riza, S.Hut, MM selaku Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan  dan didampingi oleh Anisa Murni, S.T. Kepala Sub Bidang Perhubungan, Komunikasi dan Informatika memimpin langsung rapat koordinasi awal monev RAD TPB/SDGs Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018 pada hari Senin, 03 Maret 2019 di ruang rapat Syahrir Yp lantai II Kantor Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan serta dihadiri oleh seluruh SKPD terkait.

Dokumen rencana aksi daerah (RAD) tujuan pembangunan berkelanjutan  (TPB)/ suistanable development goals (SDGs) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018-2021 adalah sebagai dasar dokumen KLHS dan merupakan pengarus utamaan RPJMD Kalimantan Selatan yang akan segera di susun. Terkait dengan hal tersebut serta sebagai langkah awal untuk penyusunan Dokumen Kaji Ulang sekaligus Laporan Monitoring dan Evaluasi Capaian RAD TPB/SDGs Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018.

Tujuan pembangunan berkelanjutan (TPD/SDGs) yakni Kemajuan pada satu dimensi  membutuhkan keterlibatan aktif  dimensi lain, Katalis untuk kemitraan internasional, Kepemilikan bersama dan tidak terpisahkan, Kerangka komprehensif, terintegrasi.

Adapun tujuan evaluasi RAD TPB/SDGs adalah memberikan gambaran atas  capaian TPB/SDGs, menganalisis permasalahan dan faktor penyebabnya dan memberikan umpan balik bagi  perbaikan perencanaan kebijakan,  program dan kegiatan khususnya  yang terkait dengan TPB/SDGs.

Pemantauan dilakukan untuk mengamati perkembangan  pencapaian TPB/SDGs dari  waktu ke waktu untuk: mengukur kemajuan  pencapaian target dengan  menggunakan indikator yang  telah ditetapkan, mengidentifikasi dan  mengantisipasi permasalahan  yang timbul serta yang akan  timbul, agar dapat diambil  tindakan sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *