Umum

Rapat Koordinasi Kepala Daerah Dalam Rangka Pelaksanaan Program dan Isu-Isu Strategis Di Provinsi Kalimantan Selatan

Rapat Koordinasi Kepala Daerah bersama seluruh Bupati/Walikota Sekalimantan Selatan dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program dan isu-isu strategis di Provinsi Kalimantan Selatan. Rapat Koordinasi yang berlangsung pada hari Kamis, 10 Oktober 2019 yang bertempat di Gedung Idham Chalid Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan serta dihadiri oleh Sekdaprov Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Kapolda Kalsel, Kabinda Kalsel, Komandan Lanud Sjamsudin Noor, Komandan Lanal Banjarmasin, Komandan Korem 101/Antasari, Ketua Pengadilan Tinggi Kalsel, Ketua KPU Kalsel, Bupati Wali Kota Se provinsi Kalsel dan Jajaran SKPD Provinsi Kalsel.

Sebelum acara di berlangsung adalah memberikan penghargaan untuk daftar entitas pelaporan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang memperoleh opini WTP yakni Provinsi Kalsel, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Tabalong, Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Untuk hasil penilaian kinerja kabupaten Kota di wilayah Provinsi Kalsel tahun 2019 dimulai dari urutan pertama yaitu Tanbu, dilanjutkan HSU, HSS, Banjarbaru, Banjar, Tala, Tapin, Batola, Banjarmasin, Balangan, HST, Kotabaru, dan Tabalong.

Dan untuk kategori kinerja Kabupaten/kota dalam pelaksanaan konvergensi intervensi penurunan stunting terintegrasi di Provinsi Kalsel tahun 2019, kategori kinerja paling inspiratif yaitu Banjarbaru, paling replikatif HSS, dan paling inovatif HSU.

Pelaksanaan rapat Koordinasi ini juga dihadiri langsung oleh Bapak H. Sahbirin Noor, S.Sos, M.H selaku Gubernur Kalimantan Selatan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Kepala Daerah bersama seluruh Bupati/Walikota Sekalimantan Selatan. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Sebagaimana pembangunan di era disentralisasi memerlukan kebersamaan, kesepahaman dan keselarasan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi kabupaten/kota dengan tiap pemerintah daerah mempunyai kewenangan masing-masing namun pada hakekatnya kita memiliki tanggung jawab yang sama yaitu memakmurkan rakyat, mensejahterakan rakyat dan pelayanan rakyat dengan sebaik-baiknya”.

Dan sebelum menutup sambutan Gubernur Kalimantan Selatan memberikan harapan kepada seluruh Kepala Daerah “Semoga pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah serentak dapat berjalan sukses, tertib, dan aman. Serta penanganan bencana khususnya karhutla, terutama sebentar lagi telah memasuki musim hujan yang pasti akan ada banjir. Oleh sebab itu, baiknya kita akan memulai bersama memetakan wilayah yang berpotensi akan banjir”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *