Umum

FKP Penyusunana RKPD Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020

Banjarbaru (25/02). Forum Konsultasi Publik (FKP) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan tema “Memacu  Daya Saing Perekonomian Yang Di Dukung Sumber Daya Manusia Berkualitas”. Acara ini dilaksanakan di kantor Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan ruang rapat lantai 3 dan dihadiri oleh seluruh SKPD,Organisasi dan Instansi Vertikal Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara ini dibuka oleh  Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Di dalam Sambutannya beliau mengatakan bahwa “ Mengamankan, Melestarikan peninggalan alam dan apa yang ada di lingkungan meratus itu di dalam Deklarasi Geopark Meratus Di Kiram itu sudah menjadi awal untuk kita”. “FKP penyusunan RKPD ini juga sebagai membantu untuk menghasilkan program yang mampu membuat daya saing dengan kualitas yang harus menjadi perhatian kita bersama”.

Paparan FKP Penyusunan RKPD disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan. Dan dalam pemaparannya tersebut terdapat beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian bersama seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami kenaikan namun masih dibawah IPM Nasional dan IPM Provinsi lainnya, dalam pendidikan juga sudah ada kenaikan namun masih juga rendah di banding dengan provinsi lainnya, tingkat kemiskinan menurun0,19% namun masih terdapat 7 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan dengan tingkat kemiskinan yang tinggi,  tingkat pengangguran di Provinsi Kalimantan Selatan juga menurun 0,27% namun masih terdapat 4 Kabupaten dengan tingkat pengangguran yang masih tinggi.

Terdapat 15 proyeksi strategis Kalimantan Selatanyaitu Kawasan Industri Batulicin, Kawasan Industri Jorong, Aero City Syamsudin Noor, Pembangunan Bendungan Tapin, Pembangunan Pembangkit Listrik Pada Bendungan Kusan, Pengembangan Kawasan Banjar Bakula, Kereta Api, Jembatan Kalimantan – Pulau Laut, Pembangunan Sport City, Geopark Pegunungan Meratus, Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Loksado, Traditional Floating Market danWisata Budaya Banjar, Jalan Bebas Hambatan BJB-Batulicin, dan Jalan Lintas Barat Banjarmasin-Marabahan-Margasari-Buas-Amuntai-Tanjung.

 Kepala BappedaProvinsi Kalimantan Selatan juga mengatakan bahwa “2019 akan ada promosi besar-besaran baik Nasional maupun Internasional agar ditahun 2020 kita akan mengundang mereka untuk melihat potensi-potensi yang ada di Kalimantan Selatan”.

Sebagai info bahwa acara Deklarasi Geopark Meratus DiKiram yang dilaksanakan pada hari minggu 24 Februari 2019 adalah untuk meratus agar dapat diakui baik Nasional dan Internasional. Disana terdapat keragamankehidupan flora dan fauna yang harus dijaga, bebatuan dan isi di dalam meratus serta keragaman Budaya yang ada di dalam Meratus yang harus kita jaga dan lestarikan. Hal tersebut juga untuk membantu mereka yang ada disana dapat mendapatkan tambahan ekonomi dengan menjadikannya wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *