Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musrenbang Regional Kalimantan Selatan Tahun 2022

Acara diselenggarakan oleh Bappeda Kalsel di Hotel Sari Pacific Jakarta pada Kamis, 19 Mei 2022, dengan tema Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan dalam membangun Ibu Kota Negara baru. Acara dibuka oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi dan dihadiri oleh Gubernur/Wakil Gubernur se-Kalimantan.

Kepala Bappeda Kalsel, Ariadi Noor, dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan penyelenggaran Musrenbang Regional Kalimantan ini. Pak Ariadi menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan Musrenbang Regional Kalimantan adalah untuk koordinasi dan kerjasama regional untuk mempercepat pembangunan di Pulau Kalimantan, membangun daya saing ekonomi, serta membangun dan mempercepat konektivitas dan kedaulatan energi regional. “Maksud dari diselenggarakannya acara ini adalah sebagai wadah kerjasama bagi percepatan pembangunan regional kalimantan dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat kalimantan yang berkeadilan dan berkelanjutan”, ujar Pejabat Eselon II ini.

Acara diselenggarakan dengan format diskusi yang didahului dengan paparan mengenai rencana pembangunan di wilayah Kalimantan dan pelaksanaan program pemerintah oleh beberapa Kementerian. Kementerian yang dimaksud antara lain dari Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Setelah paparan, Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Selatan menyampaikan tanggapan terhadap rencana pembangunan dan pelaksanaan program pemerintah pada paparan sebelumnya. Salah satu tanggapan dari Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang mewakili Gubernur/Wakil Gubernur se-Kalimantan adalah diperhatikannya usulan pembangunan yang disampaikan oleh pemerintah provinsi untuk dilaksanakan sebagai program/proyek pemerintah pusat sesuai dengan kewenangannya.

Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara kesepakatan yang disebut Borneo Sustainable Development Agreement (BOSDA) oleh Gubernur se-Kalimantan, Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Perindusrian, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Musrenbang Regional Kalimantan adalah bagian dari Forum Kerjasama Revitalisasi dan Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2K). Forum tersebut adalah hasil inisiasi dari Bappeda se-Kalimantan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.