Uncategorized

Pemprov Kalsel Mendapat Penghargaan Bhumandala Emas

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Mendapat Penghargaan Bhumandala Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Tahun 2021 dari Badan Infornasi Geospasial RI. Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur Kalsel  H  Sahbirin  Noor,  di  Hotel  Grand  Mercure Jakarta Jumat (29/10) malam. Piagam dan piala Bumandhala Award 2021 diserahkan Kepala Badan Informasi Geospasial RI, Prof Muh Aris Marfa’i.

Penghargaan Inovasi terbaik (EMAS) diraih melalui inovasi “Sistem Informasi Pertanian Beririgasi (SITARI)” yang dikembangkan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan. SITARI merupakan sistem infornasi berbasis spasial yang dapat menyajikan visualisasi dan analisis spasial perencanaan pengembangan DI/DIR dengan data eksisting produksi pertanian dan pemanfaatan daerah irigasi oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Rencana pemindahan ibukota negara ke pulau Kalimantan dan pengembangan Food Estate, Kalimantan Selatan sebagai Gerbang Ibukota Negara Baru harus bersiap dalam segala hal terutama sektor ketahanan pangan.

Dukungan data dan informasi geospasial untuk perencanaan dan pengambilan kebijakan sangat dibutuhkan, untuk itulah pengembangan aplikasi SI-TARI (Sistem Informasi Pertanian Beririgasi) menjadi salah satu jawaban untuk pemenuhan kebutuhan data tersebut.

Sistem infomasi Pertanian Ber-Irigasi (SITARI) memiliki keunggulan untuk menyandingkan data dan mensinkronisasikan perencanaan pengembangan daerah irigasi sesuai kewenangan dengan pengembangan lahan pertanian yang produktif dan potensial khususnya yang ditetapkan sebagai Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Sehingga, dapat membantu dalam pemantauan kemungkinan adanya resiko alih fungsi LP2B dan mengatasi permasalahan tumpang tindih pengelolaan daerah irigasi. SITARI juga terintegrasi dengan Geoportal Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga selain terkoneksi dengan data-data geospasial Provinsi Kalimantan Selatan, sistem ini juga dapat menampilkan data geospasial dari Kementerian/Lembaga, sehingga mampu memperkaya permodelan analisa data pertanian dan daerah irigasi.

Usai menerima penghargaan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada Badan Informasi Geospasial atas diberikannya penghargaan Bhumandala Award ini. dan beliau juga mengatakan pentingnya data dan informasi geospasial “Kita tau yang namanya informasi sangatlah penting sekali, bergitu informasi salah maka salah lah semua, tapi begi informasi dengan data benar maka, dia akan memberikan manfaat pada seluruh bidang kegiatan yang kita lakukan.” kata Paman Birin yang baru dianugerahi gelar kehormatan dokter Honoris Causa ( Dr/ HC) oleh Universitas Lambung Mangkurat beberapa hari lalu.

Ditulis :Admin Geoportal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *