Umum

Musrenbangnas 2020 ”Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas”

Jakarta, Musrenbangnas 2019 merupakan momentum penting karena dilaksanakan dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) 2020 yang merupakan pelaksanaan tahun pertama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)2020-2024 dengan agenda utama meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing. Acarapenyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 inipun mengangkat tema Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas. 

Acara yang berlangsung di Shangri-La Hotel,Jakarta, pada hari Kamis 9 mei 2019 ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh beberapa peserta dari pimpinan lembaga negara diantaranya Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan,dan Ketua DPDO esman Sapta Odang. Kementerian PPN/ Bapenas, Bambang Ps Brodjonegoro, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko SDM Puan Maharani, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Polhukum diwakili oleh Mayjend Surya Agus para Gubernur dan Bupati/Walikota se Indonesia.

Bapak Bambang Brodjonegoro selaku  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas mengatakan bahwa “Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,4 persen-6 persen per tahun pada periode 2020-2024”.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga mengatakan bahwa kemungkinan besar anggaran belanja negara pada 2020 akan tembus Rp2.500 triliun. Menurutnya pemerintah saat ini terus berusaha agar porsi belanja modal tersebut porsinya bisa ditingkatkan. Karena beberapa pos seperti, pendidikan dan kesehatan,porsinya sudah dipatok undang-undang, ‘rekayasa’ yang dilakukan pemerintah agar anggaran belanja modal bisa ditingkatkan adalah dengan mengurangi jumlah belanja pegawai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *