P2EPD

KLHS RPJMD 2021-2025

Kamis, 19 November 2020. Bertempat di ruang rapat Thamrin SA lantai I, Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan telah menyelenggarakan rapat penyelesaian dokumen KLHS RPJMD 2021-2025 Provinsi Kalimantan Selatan. Rapat ini berlangsung dari pukul 09.00 Wita s.d selesai. Adapun beberapa agenda dalam rapat ini yaitu :

  1. Finalisasi  isu Strategis KLHS dan Rancangan Teknokratik RPJMD
  2. Penyusunan Alternatif Skenario dan rekomendasi KLHS RPJMD

Rapat ini di pimpin langsung oleh ibu Rahmiyanti. J.P.ST.MA selaku Plt Sekretaris Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus selaku kepala bidang P2EPD.

            KLHS yang disusun menjadi penunjang agar RPJMD yang nantinya disusun bisa tepat seperti yang  diinginkan dengan memperhatikan paradigma pembangunan yang berkelanjutan.

Diadakannya rapat kerja tersebut dilatarbelakangi oleh sebagaimana yang diketahui bahwa sebentar lagi akan diakannya Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan dan dengan demikian pula akan selesainya masa berlaku RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan 2016-2021. Kemudian, dinamika pembangunan di Provinsi Kalimntan Selatan yang perlu diarahkan sesuai kapasitas lingkungan hidup, sehingga perlu adanya agenda Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang perlu diwujudkan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu pula diperlukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis RPJMD sebagai pemastian isu strategis lingkungan hidup, permasalahan pencapaian TPB dan perbaikan kondisi lingkungan hidup termuat dalam Rancangan RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari hasil diskusi yang telah dilaksanakan diharapkan tujuan dari Rapat Kerja Verifikasi KLHS Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Sleman tahun 2021-2025 ini dapat memberikan hasil yang memuaskan untuk masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *