P2EPD

Perumusan Isu Strategis Daerah Dokumen KLHS RPJMD dan Rancangan Teknokratik RPJMD

Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan telah melangsungkan rapat pada hari Selasa, 03 November 2020 secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Rapat ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan dokumen KLHS RPJMD dan rancangan Teknokratik RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan yang bertujuan untuk merumuskan permasalahan dan isu strategis daerah.

Rapat dibuka Oleh Pj. Sekretaris Daerah Bapak Ir. Roy Rizali Anwar, ST, MT yang mengarahkan bahwa dalam rangka menyusun dokumen Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimatan Selatan tahun 2021-2025 sesuai dengan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017, salah satu tahapan yang harus dilakukan adalah Penyusunan Dokumen KLHS RPJMD dan Penyusunan Rancangan teknokratik RPJMD.

Beliau menyampaikan bahwa “Untuk Menyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan yang baik diperlukan tujuan sasaran, strategi dan arah kebijakan yang tepat dan sesuai dengan kondisi rill di suatu daerah, Kemudian dimplementasikan ke dalam program dan kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan tujuan pembangunan yang di inginkan”.

Program dan Kegiatan yang direncanakan tentunya harus efektif, efisien dan tepat sasaran. Namun agar Program dan Kegiatan Efektif, Efesien dan tepat sasaran maka kita harus dapat memetakan masalah dan isu stategis yang ada bedasarkan sumber data yang valid dan akurat sehingga saat kita sudah membuat pemetaan masalah dan isu stategis yang tepat maka strategi, arah kebijakan serta program dan kegiatan yang kita rencanakan akan selaras dengan permasalahan dan isu strategis yang ingin kita pecahkan.

Perumusan Isu Strategis ini sangat penting karena memiliki pengaruh sangat signifikan terhadap persoalan/peluang yang di kedepankan dalam perencanaan pembangunan. Isu yang diidentigikasi mencakup isu sosial, ekonomi, lingkungan serta hukum dan tata kelola. Tujuan acara hari ini adalah agar kepala SKPD memahami permasalahan dan isu startegis yang ada di lingkup tupoksi dan penyelenggaran urusan sesuai SKPD yang dipimpinan dann juga memahami permasalahan dan isu strategis pembangunan provinsi kalimantan selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *